Sabtu, 13 November 2010

Perkembangan Teknologi Digital Cinema

Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan perjalana atau perkembangan cinema di negeri tercinta ini. Apakah ada yang tidak mengenal bioskop pada era sekarang ini?? yah,, mungkin kebanyakan orang telah mengenal nya, yaitu sebuah gedung dimana kita dapat melihat sebuah seni gambar bergerak yang dibantu teknologi moderen saat ini. Yang saya tanyakan sekarang adalah, Apakah kita tahu asal mula sebuah gambar bergerak atau film yang kita kenal di tampilkan dahulu?? Mungkin kita semua sudah lupa bahkan ada yang tidak tahu sama sekali sekarang.

Dahulu layar tancep adalah sebuah hiburan yang sangat di nantikan oleh semua kalangan di negeri kita. Mengapa di sebut layar tancep?  karena layarnya yang di tancapkan ketanah, menggunakan penyanggah berupa 2 buah bambu atau lebih dan diikatkan sebuah kain putih berukuran besar.  Dimana kebiasan memutar layar tancep di malam minggu semalam suntuk.  Nah itulah sedikit cerita mengenai layar tancep. Sekarang ini sudah jarang sekali kita melihat hiburan ini yang mulai terpinggirkan dengan adanya Bioskop yang lebih keren dan bagus kualitas nya. Seiring berjalan nya waktu teknologi berkembang dan tercipta lah sebuah proyektor digital, kamera video dan layar yang cukup besar untuk menggantikan semua peralatan layar tancep.

Sekarang kita beralih ke Bioskop, bioskop adalah adalah tempat untuk menonton pertunjukan film dengan menggunakan layar lebar. Gambar film diproyeksikan ke layar menggunakan proyektor(http://id.wikipedia.org/wiki/Bioskop). Dimana kita harus membuat cinema menjadi gambar jadi yang biasanya kita sebut dengan film.Caranya adalah :


1. Pra-Produksi
Pada tahap ini biasanya kita melakukan tahap awal dari membuat film, seperti mempersiapkan tempat, skenario, biaya, aktor, dan sebagainya.
2. Produksi Film
Pada tahap ini kita akan melakukan pembuatan film secara utuh dari awal sampai akhir film tersebut selesai.
3. Editing
Pada tahap ini kita melakukan perapihan pada film yang telah kita buat agar hasil akhirnya memuaskan.
4. Review Hasil Editing
Pada tahap ini adalah tahap akhir dalam pembuatan sebuah film. Disini lah kita dapat melihat hasil pembuatan kita setelah melewati tahap editing. Kita dapat melihat hasil kita melalui LCD seperti laptop yang telah dilengkapi dengan speaker.

Begitulah gambaran perkembangan digital camera dari layar tancep hingga menjadi sebuah tempat hiburan berkualitas internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar