Selasa, 09 November 2010

Perkembangan New Media Hingga Saat Ini

Perkembangan alat komunikasi sangat penting dan menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan oleh kita sebagai makhluk sosial.Di mana dari zaman ke zaman, tahun ke tahun, bulan ke bulan, bahakan hitungan hari suatu alat komunikasi dapat tercipta dan terus berkembang pesat. Pada kesempatan kali ini saya akan menerangkan sedikit perkembangan alat komunikasi dari awal yang dulu hanya menggunakan surat sampai kita sekarang dengan mudah menggunakan handphone dan internet.

Pada abad 19, alat untuk kita saling berkomunikasi sangat terbatas. Ini dikarnakan perkembangan teknologi dan sdm manusia belum maksimal dan masih terganggu dengan berbagai aspek, diantaranya politik, Perang dunia dan lain-lain. Pada era ini kita berkomunikasi menggunakan surat dan telepon .Pada tanggal 29 April 1913 dipatenkan Siemens & Halske telepon untuk waktu yang lama di switch ke biasa, bekerja sesuai dengan panggilan pulsa. Penggunaan switch titik di telepon setidaknya didokumentasikan di Jerman untuk tahun 1908, dan di Amerika Serikat dari 1907

  Dengan elektronik modern dan teknologi komputer, itu adalah elemen Elektromekanik dengan komponen semikonduktor digantikan dengan pengecilan substansial alat dan peralatan fungsi lebih dan lebih tambahan dan memungkinkan baik untuk menyederhanakan operasi serta menggunakan potensi lain - misalnya, zona akustik pemantauan menawarkan -.

 Sebagai contoh, sementara panggilan sinyal awalnya disertai dengan jam alarm elektromekanik, kini digantikan oleh bunyi bip, elektronik sebagian besar disesuaikan. Fitur tambahan termasuk meneruskan panggilan dari panggilan masuk dan keluar, jumlah memori (buku telepon, pesan teks atau langsung), call forwarding, conference call, riwayat panggilan, dan speakerphone. Selain itu, telepon itu sendiri sekarang kadang-kadang disebut sebagai entitas dengan perangkat lain seperti kotak suara (biasanya dikombinasikan dengan remote) dan mesin fax.

Lalu ada cara lebih efisien lagi menggunakan  Pada tahun 1980-an alat komunikasi pribadi yang dianggap canggih adalah radio panggil (pager) ini.  Di Indonesia  sendiri pager baru dikenal pada awal tahun 1990-an
Sebagai sedikit tambahan pager Motorolla Alphanumeric digunakan di Brazil pad atahun 1990 an, pager ini di operasikan oleh teletrim. Layanan pager ini menawarkan kepada pelanggannya sejumlah jenis rencana rencana dan pilihan sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan jenis alat atau pager yang digunakan. Pada umumnya, semua pager diberikan nomor telephone yang unik, saat alphanumeric pagers diberikan sebuah alamat email, biasanya terdiri atau terdapat nomor telephone.

 Pada sebuah tanda nomor panggilan nomor, sekelompok panggilan ditangkap sebuah sejenis greeting asking the caller untuk memasuki sebuah pesan dan terkadang memberikan penelphone sebuah pilihan untuk meninggalkan voice mail. Biasanya , dalam beberapa menit, paged person  akan menerima sebauh tanda dari pager dengan nomor telephone untuk kembali menelphone dan atau sebuah kode pager. Pada kasus email paging, akan ditunjukkan tampilan  teks.

Di akhir 1993 PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital Global System for Mobile (GSM),dimulai di dua pulau,yakni Pulau Batam dan Pulau Bintan. Di tahun 1994 PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) beroperasi sebagai operator GSM pertama di Indonesia,dengan mengawali kegiatan operasinya di Jakarta dan sekitarnya.Karena GSM menggunakan kartu SIM,maka hal itu aman dari penggandaan dan penyadapan serta mutu prima dan jangkauan luas.
Layanan pesan singkat,mulai di perkenalkan pada tahun 2000,dan menjadi fenomena di kalangan pengguna ponsel,karena sangat praktis dan murah biayanya.Di tahun ini pula PT.Indosat dan PT.Telkom mendapat lisensi sebagai operator GSM 1800 nasional.Layanan seluler kedua BUMN itu kemudian beroperasi pada tanggal 1 Agustus tahun 2001.Babak baru bertelekomunikasi berlanjut di tahun 2003,yaitu dengan hadirnya Telkom Flexi,yang mengusung teknologi CDMA 2000 1X,kemudian di belakang Flexi ada Esia dari Bakrie Telecom,Fren & Hepi dari Mobile8,Star One dari Indosat,Smart dari Lippo Telecom,dan terakhir Ceria dari Sampoerna Telecom.Ponsel generai ini juga disebut 4G.4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan babak baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi wireless yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro),CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll.Sistem 4G berdasarkan keragaman jaringan IP,yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas utnuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir,4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line, dan lainnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar