Minggu, 14 November 2010

Perkembangan Pemutar Musik

Saat ini pemutar musik di dunia menggunakan teknologi komputer yang di sederhanakan bentuk nya. Yaitu menjadi sebuah media portable yang mudah dibawa dan disimpan. Bagaimna perkembangan media musik sebelum mengguakan IC atau komputer yg disederhanakan. Kita pernah mengetahui adanya pemutar musik dengan media penyimpanannya berupa pita berwarna hitam disebut kaset dan pemutarnya disebut tape. Lalu ada juga tape yang berbentuk portable disebut walkman. Walkman dirilis pada tahun 1979 dengan nama Walkman di jepang. Walkman mengubah kebiasaan mendengarkan musik secara dinamis, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik dimana saja. 


Sekarang teknologi berkembang pesat sehingga mempengaruhi perkembangan pemutar musik yang terdahulu. Jika dahulu menggunakan walkman dimana medianya adalah kaset, berbeda dengan sekarang yaitu bermedia kan Ic dan memory. Ic merupakan otak atau tempat memprogram dan memory adalah tempak kita menyimpan list lagu. Alat ini disebut sebagai MP3, salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). MP3 mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia. http://id.wikipedia.org/wiki/Mp3

Lalu berkembang lagi menjadi MP4, dimana media ini bisa menghasilkan suara dan video. MP4 adalah salah satu format berkas pengodean suara dan gambar/video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. Ekstensi nama berkas jenis MPEG-4 ini banyak menggunakan .mp4, dan merupakan pengembangan dari format Quick-Time dari komputer Apple.

Mungkin perkembangan ini akan terus berjalan mengikuti perkembangan zaman. Pemutar musik sangat populer di seluruh kalangan masyarakat. Sekian saja penjelasan mengenai Perkembangan pemutar musik di dunia. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar