Rabu, 17 Oktober 2012

Perkembangan Perangkat Mobile


Perkembangan telekomunikasi, khususnya perangkat mobile demikian cepatnya. Dalam soal produk, perangkat mobile dengan model baru bermunculan setiap bulan. Kemampuan teknologi perangkat mobile dalam menciptakan keleluasaan bagi penggunanya untuk berkomunikasi telah menyebabkan teknologi ini berkembang begitu pesat dari segi jumlah penggunanya maupun kemampuan perangkat teknologi itu sendiri. Seiring  dengan  tingkat  mobilitas  yang tinggi,  beberapa  tahun  terakhir  tengah  marak perangkat  bergerak  atau mobile  device.  Salah  satu perangkat  mobile  yang  paling  pesat  adalah smartphone dimana  hampir  setiap  orang memilikinya. Smartphone yang sedianya sebagai alat komunikasi,  saat  ini  sudah  lebih  dari  fungsi dasarnya.  Berbagai  macam  fitur  telah  ditanamkan, seperti  pengolah  gambar, video serta pengolah dokumen . Hal ini tak lepas  dari penggunaan  sistem  operasi  pada  smartphone . Layaknya  pada  komputer, smartphone pun  dapat di instal berbagai macam aplikasi yang diinginkan. Dengan perkembangan sistem operasi peranan aplikasi juga turut membuat smartphone menjadi lebih powerful.


Dengan menggunakan Android yang merupakan sistem operasi untuk smartphone yang berbasis Linux serta bersifat open source. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang menciptakan aplikasi sendiri untuk digunakan oleh bermacam piranti bergerak. 

Sistem operasi Android  terlahir dengan bahasa Java, aplikasinya yaitu Eclipse dikembangkan dengan bahasa pemrograman Java. Berlawanan dengan anggapan banyak kalangan mengenai bahasa Java yang sulit untuk dipelajari. Java mudah untuk dipelajari terutama untuk orang yang sudah mengenal pemrograman tetapi belum terikat pada paradigma pemrograman prosedural. Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek (OOP) dengan implementasi yang sangat baik.

1 komentar:

  1. Salah satu kegunaan perkembangan teknologi informasi berbasis mobile adalah untuk memudahkan siapa saja dalam mengakses informasi melalui perangkat mobile. Hal ini bergantung pada Extensible Markup Language (XML) sebagai format pesan, dan biasanya bergantung pada protocol lain yang menjadi Layer Aplikasi terutama Remote Procedure Call (RPC) dan HTTP untuk negosiasi dan transmisi pesan. SOAP dapat membentuk lapisan dasar dari stack protocol layanan web, pesan menyediakan kerangka dasar atas mana layanan web dapat dibangun.

    BalasHapus