Senin, 15 Oktober 2012

Aplikasi Belajar Tajwid Berbasis Android


Dalam memenuhi kebutuhan pengguna akan akses terhadap ilmu tajwid sebagai dasar mempelajari Al-Quran. Penulis berinisiatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan membuat Aplikasi Tajwid pada smartphone berbasis Android, yang sebelumnya hanya menggunakan media – media seperti buku ilmu tajwid, radio, televisi atau pengajian – pengajian di masjid.

Dengan menggunakan aplikasi Android ini maka aplikasi tajwid dapat membimbing pengguna dalam mempelajari dan mengucapkan lafadz tajwid dengan benar tanpa membatasi waktu dan tempat dimana pun berada. Aplikasi ini didukung dengan gambar dan suara agar pengguna cepat terbantu mempelajarinya. Aplikasi ini dapat berjalan baik pada smartphone berbasis Android versi 2.3  dengan spesifikasi OS Android v2.3, processor Qualcomm 1,4 GHz scorpion, RAM 512MB, Memory 4GB Micro SD dan layar 800x480 px, 4.2 inches. Jika ukuran spesifikasi perangkat seluler yang digunakan kurang dari ukuran tersebut maka tampilan aplikasi ini akan tidak braturan.



Tampilan Pada Aplikasi Belajar Tajwid









Di buatnya aplikasi tajwid ini, diharapkan media pembelajaran ilmu tajwid akan bertambah dan aplikasi ini akan semakin membantu pengguna yang memiliki mobilitas tinggi dalam mempelajari ilmu tajwid. 

Saya menyadari bahwa masih terdapat beberapa kekurangan di dalam aplikasi ini, untuk itu penulis hendak memberikan saran bagi pengembangan dan penyempurnaan selanjutnya. Pada program aplikasi ini tidak menggunakan software pembantu untuk database jenis-jenis tajwid, ayat-ayat tajwid dengan tulisan  . Oleh sebab itu, penulis menyarankan untuk mengembangkan aplikasi ini dengan menggunakan database sebagai software penyimpan data jenis-jenis tajwid dan contohnya, karena di aplikasi ini hanya memakai gambar. Selain itu, aplikasi ini juga hanya memberikan informasi tajwid sederhana yang umum kita ketahui.



1 komentar:

  1. gan saya mau tanya ..saya buat aplikasi tajwid ko fc terus ya padahal codingan sudah ga ada yang silang..saya liat di longchatnya ada yang salah tp saya bingung di codingan ga salah ko di longchat adan masalh itu kenapa ya gan ..tolong dong pencerahaya

    BalasHapus