Rabu, 06 April 2011

E-Commerce Peluang Bisnis Menguntungkan

Salah satu topik yang akan kita bahas kali ini berkaitan dengan jual beli melalui dunia maya, yaitu menggunakan teknologi E-commerce. Saat ini E-commerce telah di jadikan ladang usaha yang menguntungkan di semua bidang kebutuhan, dari kebutuhan sekunder, primer, dan barang mewah. E-commerce!! Apa pengertian dari kata disamping tersebut?? ya, disini saya akan menjabar kan pengertian dan salah satu contoh yang menggunakan E-commerce saat ini.


E-commerce adalah salah satu perubahan paradigma cara orang melakukan perdagangan. Dulu jika orang berpikir mengenai konsep perdagangan, maka mereka akan memikirkan suatu transaksi jual beli yang dilakukan dengan tatap muka langsung, pembayaran tunai, stok gudang, dan inventori. Hal ini berubah dengan perkembangan teknologi Internet. Penjualan dan pembeli produk tidak perlu bertatap muka secara langsung pembayaran pun dapat dilakukan secara elektronik. Banyak perusahaan-perusahaan retailer yang memasarkan produk-produk melalui Internet, tidak memiliki gudang dan stok barang-barang yang mereka jual.

Jika mereka menerima suatu pesanan barang, mereka akan memesan produk tersebut kepada produsen. Bandingkan dengan toko konvensional yang harus selalu menyimpan stok barang yang akan dijual. Jika barang-barang tersebut tidak terjual sampai masa kadaluarsanya lewat, maka toko tersebut harus menghadapi resiko kerugian. Pada contoh lain, seorang pengusaha Jepang dapat menjual produk-produknya di Amerika Serikat sementara warehousenya terletak di Afrika. Dalam hal ini teknologi internet tidak menghiraukan letak geografid seseorang.

Contoh yang sering kita kunjungi salah satunya adalah di Jejaring sosial Facebook. Dimana kita disini dapat Menawarkan barang dagangan yang akan kita jual dengan mencantumkan gambar, merek, ukuran dan lain". Sehingga pembeli dapat melihat dan membeli tanpa  bertemu secara langsung dengan pembayaran melalui Atm bersama atau sejenisnya.



Sumber : Wikipedia, firmansyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar