Selasa, 18 Juni 2013

GA (Sekilas Tentang Algoritma Genetika )

Algoritma genetik adalah teknik pencarian yang di dalam ilmu komputer untuk menemukan penyelesaian perkiraan untuk optimisasi dan masalah pencarian. Algoritma genetik adalah kelas khusus dari algoritma evolusioner dengan menggunakan teknik yang terinspirasi oleh biologi evolusioner seperti warisan, mutasi, seleksi alam dan rekombinasi (atau crossover).
Algoritma Genetika ini banyak dipakai pada aplikasi bisnis, teknik maupun pada bidang keilmuan. Algoritma ini dapat dipakai untuk mendapatkan solusi yang tepat untuk masalah optimal dari satu variabel atau multi variabel.

Algoritma genetika sangat tepat digunakan untuk penyelesaian masalah optimasi yang kompleks dan sukar diselesaikan dengan menggunakan metode yang konvensional. Sebagaimana halnya proses evolusi di alam, suatu algoritma genetika yang sederhana umumnya terdiri dari tiga operator yaitu:  operator reproduksi, operator crossover (persilangan) dan operator mutasi. Struktur umum dari suatu algoritma genetika dapat didefinisikan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.    Membentuk suatu populasi individual dengan keadaan acak
2.    Mengevaluasi kecocokan setiap individual keadaan dengan hasil yang diinginkan
3.    Memilih individual dengan kecocokan yang tertinggi
4.    Bereproduksi, mengadakan persilangan antar individual terpilih diselingi mutasi
5.    Mengulangi langkah 2 - 4 sampai ditemukan individual dengan hasil yang diinginkan

http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma_genetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar