Senin, 16 April 2012

Jenis-Jenis Game dan Opportunity Untuk Menunjang Creative Industry

Pada tugas mata kuliah softskill kali ini kita akan membahas tetntang Jenis - jenis game dan Opportunity untuk menunjang creative industry. Sebelum kita membahas jenis - jenis game yang ada saat ini, kita akan membahas apa itu game? Game( permainan) memiliki banyak makna, menurut saya pribadi game merupakan sarana untuk menghilangkan setres dan meningkatkan imajinasi dalam hal membangun strategi dan mental dalam bentuk media elektronik . Langsung saja ke topik utama yaitu membahas tentang jenis - jenis game. Jenis game yang saya tahu sebagai berikut :

1. FPS (First Person Shooter)


adalah jenis game perang tembak menembak untuk menyelesaikan misi dengan ciri tampilan pemain adalah tokoh utama. Biasanya sudut pandang camera langsung dari mata tokoh utama. Ciri khas game ini adalah penggunaan senjata jarak jauh.
Contoh : Counter-Strike, Call of Duty, Ghost Recon, Point Blank, Crossfire
                       
CrossFire



2. RTS (Real Time Strategy)


adalah genre permainan strategi, taktik, dan logika. Biasanya berupa perang yang tiap pemainnya memiliki suatu pasukan atau negara. Dalam RTS permainan dapat berupa sejarah, fantasi, dan fiksi ilmiah.
Contoh : Age of Empires, Warcraft, Command & Concuer, Rise of Nations, Stronghold
Command & Concuer


3. RPG (Role Playing Game)


adalah game yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. Ada pula jenis lain game RPG ini, diantaranya :
LARP (Live Action Role Playing) adalah game RPG dimana para pemain bisa melakukan gerakan fisik tokohnya. Biasanya pemain menggunakan kostum dan menggunakan alat-alat yang sesuai dengan tokoh, dunia dan cerita yang dia mainkan.
MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) adalah game RPG yang melibatkan ribuan pemain untuk bermain game bersama dalam dunia maya.
Contoh : Final Fantasy, Ragnarok, Avalon, RF, World of Warcraft, DotA, Perfect World
Ragnarok



4. Construction and Management Simulation Games


adalah game yang mesimulasikan proyek membangun dan mengelola. Pada dasarnya adalah masalah ekonomi dan konseptual. Game ini jarang yang melibatkan konflik dan eksplorasi, dan hampir tidak pernah meliputi tantangan fisik.
Contoh : Sim City, Roller Coster Tycoon, Caesar
Roller Coster Tycoon


5. Vehicle Simulation


Jenis permainan ini mensimulasi pengoperasian beberapa kendaraan, kendaraan bisa berupa pesawat terbang, pesawat tempur, kereta, kendaraan perang, maupun kendaraan konstruksi.
Contoh : Train Simulator, Truck Simulator, FlightGear, Tram, Orbiter
Truck Simulator

6. Adventure Games


game yang mengutamakan masalah eksplorasi dan pemecahan teka-teki. Namun terkadang meliputi masalah konseptual, dan tantangan fisik namun sangat jarang.
Contoh : Indiana Jones, God of War, Tomb Raider, Assasins Creed
Masih banyak lagi sebenarnya jenis-jenis game atau genre game seperti puzzle, sport, racing, dll yang tidak bisa dijelaskan satu per satu.
 Assasins Creed



7. Edukasi


Pada permainan jenis ini, menampilkan sebuah permainan yang mendidik sekaligus menyenangkan. Dari permainan ini bisa bermain dan belajar. Contohnya permainan GCompris.


 GCompris

Dengan adanya contoh jenis game diatas, berarti menandakan  pesatnya perkembangan teknologi di industri elektoronik dengan didukung kemajuan teknologi komputer sebagai basis pembuatan game sampai sekarang. Sehingga produksi game tidak akan pernah mati melainkan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman . 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar